Sunday, 21 September 2014

Kuala Lumpur-Hatyai overland via Bus part 1

Sebelumnya Zoera mohon maaf karena #Latepost, Jalan-jalan ini Zoera lakukan ketika tanggal 14 Mai 2014, Tujuan Zoera ke KL emang cuma untuk transit.., tujuan utamanya adalah Krabi dan Phuket...berhubung perginya mendadak dan tiket langsung Pekanbaru-Krabi atau Phuket ga da.. terpaksalah kami berangkat ke KL dulu dan malamnya melanjutkan perjalanan ke Hatyai, Kenapa tidak langsung ke Krabi? karena memang tidak ada Bus langsung KL-Krabi...jadi ya mesti ke Hatyai dulu, Hatyai adalah kota transit jika ingin masuk ke Thailand melalui jalur selatan, di Hatyai lah anda bisa menemukan transportasi untuk melanjutkan perjalanan ke Krabi, Surathani, dan Phuket.


Peta KL-Hatyai

Untuk mendapatkan bus ke Hatyai kita mesti ke terminal Puduraya terlebih dahulu, btw sebelum ke Puduraya dari KLIA2 Zoera menyempatkan diri dulu untuk mencoba kuliner di jalan Alor, yang katanya merupakan pusat kuliner jalanan di Kuala Lumpur (silahkan baca cerita zoera about jalan alor disini) jalan Alor dekat dengan Puduraya, sekitar 1 km, maka kami ke Terminal Puduraya on foot, selain menghemat duit juga pengen bakar lemak yang suka sekali stay di perutku ni, :P, Nah...ketika backpacking lah saya selalu mengaitkan alasan jalan kaki dengan bakar lemak...perpaduan yang tepat kan???

Terminal Puduraya adalah terminal yang dikhususkan untuk Bus antar kota dan lintas negara yang akan berangkat ke bagian utaranya Malaysia, dan untuk lintas negara rute yang ada dan satu-satunya yaitu KL-Hatyai, Beginilah Penampakan Terminal Puduraya:


Platform adalah jalur menuju lantai bawah tempat bis kita menunggu, Nomor Platform tercantum di tiket anda

Susasana di Ruang Tunggu terminal Puduraya
Bagaimana Penampakan terminal nya keren kan?, Bersih dan ber AC pula, didalamnya ada konter jualan baju, konter oleh-oleh serta konter makanan dan minuman.

Yang istimewanya lagi...ada persembahan keyboard atau orgen tunggal di pojok ruang tunggu ini...wow ini sangat amazing menurut saya..Salut dah..betapa seriusnya pemerintah malaysia mengelola wisatanya, sehingga wisatawan yang lagi nunggu bus pun..ga akan bosan menunggu....*berharap saya jadi menteri pariwisata, biar saya wujudkan ini di Indonesia* "Hei Zukri bangunn!!!! mimpi aje lo"...gw balas: "Lo aja yang kaga tau, kalau selama ini cita-cita gw banyak yg terwujud, berawal dari mimpi, Itu ! (ala2 Mario teguh)"

Para calon penumpang pun boleh menyumbangkan lagu...dan kebetulan saat ini saya lagi tidak mood untuk nyanyi *keGRan*, lagu yang dinyanyikan kebanyakan lagu indonesia, nah kali ini saya bangga dengan Indonesia..menunjukkan kualitas musik kita masih superior di banding musik malaysia (sorry, no offense)

Tibalah saat 15 menit keberangkatan, kok ga dipanggil-panggil ya?, saya inisiatif aja turun ke bawah di Platform 19 sesuai yang tertera di Ticket..disana sudah ada bebarapa bus yang terisi... saya pikir saya terlambat..lalu saya menanyakan ke petugas, ternyata mobil saya masih di luar belum masuk platform, Alhamdulillah....tapi katanya, saya sudah bisa masuk ke dalam Busnya...Siip dah...Saya samperin tuh mobil, saya kebagian mobil Double Deck alias Bus Bertingkat, sudah ada beberapa penumpang di dalamnya, Begini penampakan Bus dengan  merek Konsortium Bas Express, kebetulan saya lupa moto penampakan luar nya

Konsortium Bas Express KL to Hatyai (foto minjem situs easibook)
Tempat duduk 2-1, luas, bisa direbahkan 45 derajat, ada selimut, (foto minjem JomNaikBas)
Saya kebagian tempat duduk di atas dan baris depan pulak..serasa naik Titanic :D

Penampakan jalan dari tempat duduk saya
Segini dulu ya Vrienden (Bahasa Belanda nya teman-teman), kita akan sambung di next part...