Monday, 8 December 2014

How to Go To Den Haag Centraal from Schiphol (Transportasi ke Den Haag)

Belanda mempunyai jaringan transportasi yang tersistem dengan baik. Untuk transportasi antar kota kereta api merupakan satu-satunya pilihan terbaik, selain cepat biaya nya pun relatif murah. Jika teman-teman baru tiba di Schiphol Airport dan ingin ke Den Haag Centraal, tidak usah khawatir, tulisan ini akan menuntun teman-teman untuk sampai disana.


Foto kereta antar kota di Belanda (sumber: Wikipedia)

Den Haag Centraal adalah stasiun terbesar di  Kota Den Haag, jaraknya 30 menit perjalanan kereta dari Schiphol, dari stasiun Den Haag Centraal ini teman-teman bisa melanjutkan perjalanan ke tempat-tempat wisata yang banyak sekali terdapat pusat kota ini, antara lain: Scheveningen, Peace Palace Library dan salah satu tempat wisata unik yang berupa Taman Miniatur negeri Belanda yang dikenal dengan nama Madurodam, berada disana membuat teman-teman seolah-olah menjadi Raksasa di Negeri miniatur Belanda, untuk tulisan mengenai Madurodam bisa baca disini.

Schiphol to Den Haag Centraal

Baiklah, Zoera akan mulai step by step menuntun teman-teman yang baru saja mendarat di Bandara Schiphol, Setelah keluar dari tempat pengambilan bagasi, perhatikanlah tanda-tanda informasi yang banyak terdapat di langit-langit bandara, lihatlah tanda penjualan tiket kereta, letaknya lumayan jauh dari pintu keluar pengambilan bagasi, jika bingung, ikuti saja sign board yang ada tulisan train, spt gambar dibawah ini. 

Sumber: Google Image

Hal yang paling penting adalah menemukan dulu  konter penjualan tiket yang dikenal dengan Nederlanse Spoorwegen Train ticket & Services, jika bingung teman-teman bisa bertanya ke petugas bandara, atau ke orang-orang yang ditemui, jangan khawatir dengan masalah komunikasi di Belanda, mayoritas penduduk nya bisa berbahasa inggris. 


sumber: Google Image

Jika sudah bertemu konter pembelian tiket teman-teman bisa langsung membeli tiket tujuan Den Haag Centraal, harganya saat tulisan ini dibuat adalah adalah 8 Euro per orang dewasa, ada potongan harga untuk anak-anak dibawah 11 tahun dan gratis untuk anak-anak dibawah 4 tahun. Tanyakan juga jadwal kereta yang akan berangkat, setelah dapat infonya, teman-teman boleh langsung ke platform/spoor tempat menunggu kereta api, letaknya tidak jauh dari konter pembelian tiket tersebut, menuju ke basement, untuk menuju basement bisa naik lift atau eskalator seperti gambar dibawah ini. Hal penting yang harus menjadi catatan sebelum turun ke bawah adalah memastikan nomor platform/spoor yang ada di tiket, karena jika teman-teman turun di eskalator yang salah maka teman-teman diharuskan untuk naik keatas lagi karena teman-teman tidak diizinkan menyeberang jalur kereta untuk menuju platform/spoor.

Sumber: Google Image

Kereta api di Belanda sangat on time, jika terlambat biasanya tidak lebih dari 5 menit. Perjalanan kereta ke stasiun Den Haag Centraal, akan mengalami beberapa perhentian, akan tetapi teman-teman tidak perlu transit dan pindah ke kereta lain, kecuali jika sedang ada perbaikan pada jalur Schiphol-Den Haag Centraal, durasi perjalanan yang akan teman-teman tempuh lebih kurang 30 menit

Hal yang perlu menjadi catatan teman-teman agar tidak kelewatan stasiunnya adalah dengan memperhatikan layar informasi yang ada di bagian depan dan belakang gerbong. Tips dari Zoera supaya lebih mudah dan tidak clingak-clinguk ketika tiba di perhentian yaitu dengan mengingat jam ketibaan di stasiun Den Haag Centraal, tentu saja teman-teman harus cocokan dulu jam nya dengan jam yang tertera di layar informasi. Bersiap-siaplah jika akan tiba di stasiun Den Haag Centraal, jika barang teman-teman lumayan banyak, bisa diangsur dulu untuk mendekati pintu keluar

Sekian tips dari Zoera, Welkom in Den Haag Centraal