Monday, 1 December 2014

How to Go to Wageningen from Schiphol (Transportasi ke Wageningen)

Belanda mempunyai sistem transportasi yang tersistem dengan baik, untuk antar kota kereta api merupakan satu-satunya pilihan terbaik, selain cepat, biaya nya pun relatif murah. Jika teman-teman baru tiba di Schiphol Airport dan ingin ke Wageningen, tidak usah khawatir, tulisan ini akan
menuntun teman-teman :)


Peta Perjalanan Schiphol to Wageningen



Setelah keluar Bandara, perhatikanlah tanda-tanda informasi, lihatlah tanda penjualan tiket kereta, letaknya lumayan jauh dari pintu keluar pengambilan bagasi, jika bingung, ikuti saja sign board yang ada tulisan train, seperti gambar dibawah ini.



Sumber: Google Image

Hal yang paling penting adalah menemukan dulu counter penjualan tiketnya nya, jika bingung teman-teman bisa bertanya ke petugas bandara, atau ke orang-orang yang ditemui, jangan khawatir dengan masalah komunikasi di Belanda, mayoritas penduduk nya bisa berbahasa inggris. 


sumber: Google Image




Jika sudah bertemu konter pembelian tiket teman-teman bisa langsung membeli tiket tujuan Ede-Wageningen, tanyakan juga jadwal kereta yang akan berangkat, setelah dapat infonya, teman-teman boleh langsung ke platform/spoor tempat menunggu kereta api, letaknya tidak jauh dari konter pembelian tiket tersebut, menuju ke basement, seperti gambar dibawah ini, yang perlu menjadi catatan turunlah di eskalator dengan nomor platform kereta kita, contoh gambar dibawah ini untuk nomor platform 3 dan 4.


Sumber: Google Image

Setelah tiba di basement, jangan lupa perhatikan kembali jadwal kedatangan kereta dan nomor platform/spoor nya, kereta api di Belanda sangat on time, jika terlambat biasanya tidak lebih dari 5 menit. Perjalanan kereta ke Ede-Wageningen, akan mengalami beberapa perhentian, akan tetapi teman-teman tidak perlu transit dan pindah ke kereta lain, kecuali jika sedang ada perbaikan, di jalur Schiphol-Wageningen.

Hal yang perlu diperhatikan agar teman-teman tidak kelewatan stasiunnya, teman-teman bisa perhatikan layar informasi yang ada di bagian depan dan belakang gerbong, supaya lebih simpel dan tidak clingak-clinguk ketika tiba di perhentian, maka ingatlah jam ketibaan di stasiun ede-wageningen nya dan jangan lupa cocokan dulu jam nya dengan jam yang tertera di layar informasi. Bersiap-siaplah jika akan tiba di stasiun Ede-Wageningen, jika barang teman-teman lumayan banyak, bisa diangsur dulu untuk mendekati pintu keluar.

Nah jika sudah tiba di stasiun Ede-Wageningen teman-teman tinggal menentukan tujuan selanjutnya, apakah ingin ke Bennekom Heidelaan (Beringhem Apartment) atau ingin ke Kampus Wageningen. Jika ingin ke Bennekom tinggal naik bus dengan nomor 86, adanya disebelah kanan dari tangga turun stasiun, Jika ingin ke Kampus Wageningen teman-teman bisa naik bus nomor 88, tempat menunggunya ada disebelah kiri tangga turun stasiun. untuk tiketnya bisa beli langsung di dalam bus. Sekian tips dari Zoera, Selamat datang di Wageningen