Friday, 12 December 2014

Tips: Gratis keliling Kuala Lumpur dengan Bus GO KL

Kuala Lumpur adalah kota paling favorit di Negara Malaysia berdasarkan penilaian turis pada penghargaan Travellers  Choice Tripadvisor 2014. Disini terdapat berbagai objek wisata mulai dari wisata budaya, wisata kota, wisata kuliner bahkan wisata belanja.


KL di malam hari, foto milik wikipedia


Untuk berkeliling di Kuala Lumpur, pemerintah malaysia menyediakan bus gratis. Bus ini bukan saja untuk turis tapi diperuntukan juga untuk rakyat malaysia, tujuannya untuk mengurangi kemacetan di Kuala Lumpur.

Interior Bus, foto milik gokl.com

Rute:
Pada tanggal 1 September 2012, Bus Go KL lauching dengan menempuh hanya dua rute, yang dikenal dengan Purple lines dan Green lines. Namun per 1 Mei 2014 Pemerintah Malaysia menambah dua rute lagi yang dikenal dengan Blue Lines dan Red Lines. 
Peta Rute GO KL
Adapun lines tersebut adalah:
#Purple Lines dikenal juga dengan istilah Go Sightsee :
Pasar Seni - Muzium Telekom - KLtower - KLCC - MATIC - Muzium Negara - Masjid Negara - Monorail Chow Kit - Dataran Merdeka - KTM Kuala Lumpur - Monorail Medan Tuanku

#Green Lines dikenal juga dengan istilah Go Shopping:
The Weld - Pavilion - Starhill Galery - Bukit Bintang - Kota Raya - Medan Mara - Chow Kit - Maju Junction - Pertama Kompleks - Globe Silk Store - Campbell Complex - KL Sogo

#Blue Lines dikenal juga dengan istilah Go Work:
Bangkok Bank - Wisma Foo Yong - Wisma MPL - Angkasaraya - MenaraING - Citibank - KLSentral - KLConvention Centre - Menara Olimpya - Dayabumi - AIA - Wisma Rohas Perkasa - Bukit Ceylon - Menara KH - Menara DBKL - Menara Atlan - 1 sentral - Wisma Sime Darby - Menara Hop Seng.

#Red Lines dikenal juga dengan istilah Go Relax:
Concorde Hotel - Life Centre - Grand Hyaat Hotel - Puteri Park Hotel - Uni Asia - Maytower Hotels

Jadwal
Adapun Jadwal keberangkatan Bus GoKL:
Senin-Kamis: 6 pagi - 11 malam
Jumat-Sabtu: 6 pagi - 01 dinihari
Minggu: 7 pagi - 11 malam

Penampakan Bus Go KL, foto milik gokl.com


Tips:
- Semua Bus Go KL berwarna ungu, untuk mengetahui rute yang dilewati, Sobat Zoera bisa baca di bagian depan bus, akan tertera lines yang akan Bus lalui.

- Sebelum jalan-jalan ada baiknya mendownload peta Go KL ini, agar mudah menemukan dimana tempat perhentian bus ini.

- Sobat Zoera bisa turun di tujuan wisata yang di inginkan, Bus ini tidak akan menunggu kita, jadi jika mau melanjutkan perjalanan silahkan tunggu lagi bus berikutnya di halte.

- Jika tempat wisata yang ingin dikunjungi berada di jalur yang lain, maka silahkan pindah jalur dengan cara  berhenti di halte yang menjadi halte transit (silahkan lihat lagi di Peta)

Untuk informasi lebih lanjut tentang Bus Go KL Sobat Zoera bisa mengunjungi website www.gokl.com.my, sedangkan untuk mengetahui tempat-tempat wisata di Kuala Lumpur Sobat Zoera juga bisa mengunjungi website www.tourism.gov.my