Saturday, 3 January 2015

Holiday in Paris, Arc de Triomphe: Gerbang Kota Sambut Kemenangan

Salah satu landmark yang wajib dikunjungi ketika anda sedang liburan di Kota Paris adalah Arc de Triomphe. Landmark ini sangat terkenal di kalangan wisatawan yang berkunjung ke Paris. Bangunan berbentuk gapura raksasa ini dibangun atas perintah kaisar Perancis yang sangat terkenal yaitu Kaisar Napoleon Bonaparte. Bangunan ini dibangun untuk menghormati jasa tentara kebesaran kaisar yang menang pada pertempuran austerlitz.

Winter Holiday

Sejarah:
Bangunan ini adalah monumen kebanggaan Bangsa Prancis, karena dibangun untuk mengingat kejayaan dan kemenangan tentara Prancis dibawah komando Kaisar Napoleon Bonaparte yang berhasil menaklukan tentara gabungan kaisar Rusia dan Kaisar Austria yang dikomandoi Tsar Alexandre I. Pertempuran ini dikenal dengan Pertempuran Austerlitz, diambil dari nama sebuah daerah di kilometer dua puluh-timur kota Brno tempat berlangsungnya pertempuran ini, yaitu pada tanggal 2 Desember 1805.

Dreams Come True

Bangunan ini sudah direncanakan dibangun sejak tahun 1806. Pada tahun 1810 semua pondasi bangunan ini selesai dan struktur dari kayunya juga selesai dibangun, bertepatan dengan kepulangan Kaisar Napoleon Bonaparte dari Austria dengan membawa istri keduanya Marie Louise of Austria- anak dari Kaisar Austria yang telah ditundukan. Napoleon Bonaparte berpisah dengan istri pertamanya Josephine de Beauharnais karena tidak mendapatkan keturunan. 

Tepat pada tanggal 29 juli tahun 1836 bangunan ini benar-benar selesai dibangun dan diresmikan. Arsitek pertama bangunan ini adalah Jean Chalgrin, namun dia meninggal pada tahun 1811, dan dilanjutkan oleh arsitek Jean-Nicolas Huyot, namun pembangunan ini dihentikan pada masa Restorasi Bourbon tahun 1814-1830. Baru pada tahun 1833 dimulai lagi dengan arsitek Goust, kemudian Huyot dibawah arahan arsitek Hericart de Thury. Bangunan ini memiliki dimensi tinggi 50 meter, dengan lebar 45 meter dan ketebalan 22 meter.



Lokasi:
Monumen ini berlokasi di Place Charles de Gaule -l'Etoile, daerah ini adalah bundaran dari 12 titik jalanan di Kota Paris, jadi sangat padat lalu lintas, berhati-hati jika ingin mengambil foto disini, untuk lebih aman nya, masuklah kedalam bundaran yang tidak dilewati mobil, ada polisi lalu-lintas yang stand-by disini untuk mengatur mobilitas jalanan dan turis yang menyebrang.

Salah satu jalanan di sekitar monumen pada pagi hari libur natal

Zoera berangkat ke lokasi ini dari penginapan kami yang berlokasi di stasiun metro Anvers. Dari Anver menuju stasiun metro Charles de Gaulle-Etoile langsung tanpa transit, karena kami menggunakan jalur biru tua/jalur no 2 dengan tujuan Porte Dauphine. Stasiun Charles De Gaulle-Etoile berada dua stasiun sebelum stasiun akhir. Untuk panduan naik metro di Paris bisa baca tulisan Zoera berikut ini: Tips Keliling Paris dengan Metro

Jejak perjalanan kami dari aplikasi Google maps

Stasiun terdekat menuju Arc de Triomphe

Untuk sampai di bangunan ini cukup mengikuti petunjuk jalan keluar yang bertuliskan Sortie: Arc De Triomphe, karena pintu keluar atau sortie nya cukup banyak. Untuk sampai di pintu keluar, perjalanan lumayan jauh sekitar 10 menitan, karena harus melalui lorong-lorong dan menaiki anak tangga sebab stasiun ini merupakan stasiun transit yang cukup besar yang dilewati empat jalur metro. Ketika sampai di pintu keluar, langsung terlihat monumen Arc de Triomphe berdiri dengan gagah. Untuk berfoto di monumen ini tidak dikenakan biaya masuk, karena hanya berupa landmark kota.



Related Pos: