Friday, 2 January 2015

Tips: Keliling Paris dengan Metro (Part 2)

Lanjutan Part 1

...setelah sampai disana ternyata konter tiketnya belum buka, ondeh-mandeh baa caro e ko? masa harus nunggu hingga jam 8.30? oh no !, tidak mungkin kota Paris yang merupakan ibukota negara maju dan merupakan favorit turis tidak peduli dengan turis-turis yang akan membelanjakan uangnya disini???

Cara membeli tiket metro
Hmmm... kami bersabar menunggu turis lain, bermaksud melakukan duplikasi (baca: mencontek) cara mereka membeli tiket, benar saja, tidak lama berselang turis lain datang, lalu menghampiri mesin tiket yang berwarna hijau, dan membeli tiket disana, lalu kami pun sukses menduplikasikannya, apalagi di mesin tersebut ada pilihan berbahasa inggris, jadi kami dengan mudah memahaminya, dan yang terpenting lagi, untuk pembayarannya bisa memakai debit card, tentu hal ini merupakan kabar gembira bagi yang belum berhasil memiliki credit card, atau bagi mereka yang memang anti dengan kartu kredit seperti saudara perempuan saya #peace uni


Suasana calon penumpang yang membeli tiket dengan mesin
Mesin nya sudah dilengkapi dengan English

Tips hemat beli tiket metro
Zoera membeli tiket yang unlimited zona 1-3, karena itinerary kami untuk dua hari maka Zoera beli tiket yang berlaku untuk dua hari. Rombongan Zoera terdiri dari tiga dewasa dan satu anak kecil, Zoera pun langsung membeli nya untuk tiga tiket dewasa, karena Fania yang belum berumur 4 tahun tidak perlu tiket, alias gratis. Tips yang Zoera bisa share, tips pertama; belilah tiket unlimited secara langsung, misal stay tiga hari, maka langsung beli tiket yang berlaku untuk tiga hari, ini akan lebih murah dibanding kita beli satu tiket setiap harinya, tips kedua; jika rombongan belilah tiket secara langsung, tidak sendiri-sendiri karena harga satu tiket dewasa jauh lebih mahal dibanding harga tiket 3 dewasa yang dibeli dalam satu kali transaksi, beda beberapa euro aja sih, tapi lumayanlah bisa untuk beli gantungan kunci eiffel, "lima satu euro-lima satu euro".

3 tiket unlimited untuk 2 hari yang dibeli bersamaan

Pembelian bisa pakai Credit Card dan Debit Card

Cara masukin tiket metronya ke pintu masuk platform metro
Another funny experience, setelah beli tiket Zoera tetap ga bisa masuk karena tuh pintu otomatis ga terbuka pas tiketnya Zoera tempelkan di mesin sensor, ternyata oh ternyata, tiketnya mesti dimasukin ke lubang kecil dan akan keluar lagi di lubang sebelah nya, hehehe, Zoera bingung padahal ada sensor untuk menempelkan tiket disana, usut punya usut teryata itu digunakan untuk tiket yang berbentuk kartu atm, yang biasanya dimiliki oleh penduduk paris atau mereka yang memang stay lama di Paris yang bayarnya perbulan atau pertahun. 

Lucunya lagi Zoera masih ragu masukin tuh tiket kelubang, takut ga keluar lagi, padahal tuh tiket kan untuk perjalanan dua hari, bagaimana kalo tidak keluar? rugi dong, hehehe. Namun se ndeso-ndeso nya kami, Zoera masih punya jurus andalan yaitu jurus mencontek, setelah lihat ada turis juga yang memasukan dan ternyata tiketnya keluar di bagian yang lain, baru deh Zoera berani lakukan, hehehe.

Petunjuk stasiun yang dilewati oleh jalur kuning no 1 tujuan akhir Ch. de Vincenes
Bagaimana cara ke stasiun yang kita tuju.
Baiklah Zoera akan kasih ilmu praktis yang bisa Sobat Zoera terapkan. Lihatlah foto diatas ini, lambang M dalam lingkaran adalah lambang Metro, tanda ini bisa kita temukan dibanyak peta wisata kota Paris, juga di aplikasi google map. For Example foto diatas adalah foto jalur kuning dengan nomor jalur 1, jalur ini menuju ke Chateau de Vincenes sebagai stasiun terakhirnya, dan tanda bulat yang berwarna putih adalah tanda stasiun untuk kereta transit ke jalur lain, jika dia hanya bulat dan berwarna kuning berarti distasiun tersebut tidak ada kereta transit.


Satu jalur dengan dua tujuan yang berlawanan

Membaca Peta Metro Paris
Jika sobat Zoera sudah pernah naik MRT Singapura, pasti mudah untuk memahami peta diatas ini, misal untuk peta jalur kuning tadi kan tujuannya ke Chateau de Vincenes, yang perlu diperhatikan adalah jalur kuning dengan nomor yang sama juga memiliki tujuan yang berlawanan yaitu ke La Defense, (silahkan perhatikan peta jalur kuning), yang membedakan kedua tujuan tersebut adalah letak platformnya yang berbeda, Bagaimana jika kita salah menunggu?..,Bersambung ke Part 3