Thursday, 22 January 2015

Panduan menuju terminal Megabus dan Student Agency Bus di Amsterdam

Megabus dan Student Agency adalah bus favorit komunitas backpacker harganya yang murah dengan fasilitas yang tidak murahan sangat layak untuk dipilih. Menemukan lokasi parkir bus ini bukan hal yang gampang bagi mereka yang belum menguasai tansportasi di Amsterdam, Saya menuliskannya agar bisa menjadi panduan bagi backpacker yang baru datang ke Amsterdam. Khusus bagi anda yang dari Bandara Schiphol saya sudah membuat panduan transportasi dari Schiphol ke stasiun Amsterdam Centraal disini


Megabus


Terminal Megabus dan Student Agency berlokasi di P+R Zeeburg, Zuiderzeeweg  46, berjarak sekitar 5 km dari stasiun kereta api Amsterdam Centraal, namun jangan bayangkan terminalnya seperti terminal bus di Indonesia. P+R sejatinya adalah kependekan dari Park and Ride, yaitu sebuah ruang terbuka yang disediakan untuk parkir kendaraan, bahkan  tidak ada penjaga parkirnya semuanya sudah otomatis, untuk membuka portal parkir ketika bus hendak masuk dan keluar dibutuhkan kartu parkir yang sudah terisi saldo.

Pengalaman kami ketika naik megabus dari Amsterdam ke Paris kami tidak menemukan konter penjualan tiket, begitu juga petugas tiketnya, yang ada supir bus merangkap menjadi petugas check-in mengecek kebenaran tiket elektronik penumpang yang harus di print sebelumnya oleh penumpang.

Untuk menuju ke lokasi P+R Zeeburg kita bisa naik tram nomor 26 tujuan IJburg, kita bisa menemukan tram ini di sebelah kiri pintu keluar Amsterdam Centraal, sekitar 2 menit berjalan kaki. tiket nya bisa dibeli di dalam tram seharga 1,60 euro. Namun jika kita sudah memiliki tiket unlimited harian yang ada tulisan GVB nya, maka naik tram ini tidak dikenakan biaya, namun jangan lupa menempelkan tiket anda di pintu masuk tram.

GVB unlimited day ticket


Perjalanan menggunakan tram dari Amsterdam Centrral ke P+R Zeeburg hanya membutuhkan waktu 10 menit, yang perlu diingat adalah halte tram nya  bernama Zuiderzeeweg. Setelah turun di halte ini, kita bisa melihat deretan bus yang di parkir, lalu silahkan menuju bus yang akan memberangkatkan kita, biasanya ada rute terpampang di depan setiap busnya.

Sekian panduan dari Zoera semoga bermanfaat


Related Post: