Sunday, 8 February 2015

Belajar Mudah dan Cepat Membaca Peta MRT train di Singapore

Jika teman seorang traveler mandiri atau backpacker maka memahami transportasi publik di sebuah negara adalah hal yang sangat penting untuk menunjang mobilitas teman dalam mencapai destinasi yang sudah direncanakan. Singapura memiliki transportasi publik yang tersistem dengan baik, dikarenakan negara nya yang kecil maka memahami jaringan transportasi di Singapura juga mudah dibandingkan jaringan transportasi di Kuala Lumpur.

MRT adalah kepanjangan dari Mass Rapid Transit, atau jika kita terjemahkan satu persatu, Mass artinya Banyak atau Massal, Rapid artinya Cepat atau Laju, Transit artinya Melewati atau Melalui, sederhananya MRT adalah: angkutan publik yang bisa membawa banyak orang dari satu tempat ke tempat lainya dengan kecepatan yang tinggi. di Singapura selain MRT mereka juga memiliki LRT kependekan dari Light Rail Transit, sejenis MRT tetapi dalam kapasitas angkut yang lebih kecil biasanya cuma hingga tiga gerbong saja.

Setelah paham dan mengenal apa itu MRT mari kita lanjutkan belajar membaca peta jaringan MRT, Jaringan MRT di Singapura sangat simpel dan mudah untuk dipahami, untuk lebih lanjut teman-teman bisa melihatnya pada gambar dibawah ini:

Peta Jaringan MRT dan LRT di Singapura 

Peta MRT diatas sangat mudah dibaca karena jalur-jalur yang dilalui MRT diberi warna yang berbeda. Jalur Hijau Kode EW adalah jalur yang membentang dari Timur ke Barat, Jalur Merah kode NS adalah jalur yang membentang dari Utara ke Selatan, Jalur Ungu kode NE adalah jalur yang membentang dari utara ke timur, Jalur Orange kode CC adalah Jalur Lingkar yang melewati ke empat jalur utama, Jalur biru kode DT adalah Jalur Pusat Kota yang mengitari stasiun-stasiun pusat kota. Sedangkan jalur yang berwarna abu-abu adalah jalur LRT, jalur tersebut mensupport dan menghubungkan jalur MRT dengan daerah-daerah yang tidak dilalui MRT.

Belajar membaca peta saja tentu belum membuat pemahaman kita optimal, maka Zoera akan memberikan sedikit contoh soal dan jawabanya agar teman semakin memahaminya. Contoh Soal pertama adalah :
Bagaimana cara ke Merlion Park dari area Bugis?
Jika teman menginap di area stasiun MRT Bugis dan ingin mengunjungi patung Merlion, maka terlebih dahulu teman harus melihat di Google Maps, stasiun MRT apakah yang terdekat dengan Merlion Park.

Google Maps: Stasiun MRT terdekat dengan Patung Merlion

Setelah teman tau stasiun yang terdekat maka lihatlah dimana stasiun tersebut berada dan jalur warna apa saja yang melewati stasiun tersebut, misal untuk Raffles Place itu dilalui jalur hijau dan merah. Stasiun MRT Bugis juga dilalui oleh jalur berwarna hijau yang artinya teman tidak perlu transit dan pindah jalur jika mau ke Merlion Park dari Stasiun MRT Bugis, agar lebih mudah memahami bisa melihat gambar dibawah ini


Stasiun MRT Bugis and Raffles Place dilalui oleh jalur berwarna hijau

Tips dan catatan untuk contoh soal diatas adalah pastikan teman menuju arah yang tepat karena jalur hijau tersebut mempunyai dua arah yang berlawanan, dari Bugis ke Raflles Place berarti teman harus menaiki kereta dengan tujuan ke Joo Kun yang saya lingkar merah sebelah kiri, sedangkan kereta yang berlainan arah akan tertera tujuan Pasir Ris atau Changi, seperti yang saya lingkar disebelah kanan.

Dilayar informasi akan tertera info kereta yang akan datang adalah kereta yang tujuan akhirnya Joo kun atau Pasir Ris

Sampai sejauh ini Zoera harap teman sudah mengerti, mungkin perlu soal yang berbeda yang harus kita bahas adalah:

Bagaimana jika harus ke tujuan yang warna jalurnya berbeda?
Seperti dari Stasiun MRT Raffles Place hendak melanjutkan ke Stasiun MRT Bayfront dimana Hotel dan Mall Marina Bay Sands berada. Tujuan ini membuat teman harus pindah ke jalur kuning, namun jangan khawatir untuk berpindah jalurpun kita tidak harus keluar gedung dan pindah ke gedung lainnya, semua petunjuk di stasiun MRT sangat lengkap, peta dan papan petunjuk arahnya nya sangat eyecatching dan bisa dimengerti karena menggunakan Bahasa Inggris.

Jadi karena di stasiun Raffles Place juga dilewati jalur merah maka kita bisa langsung naik kereta jalur merah tujuan akhir Marina South Pier, namun jangan lupa untuk transit di Stasiun MRT Marina Bay, dan pindah ke jalur orange. Untuk jalur orange teman tidak usah khawatir lagi masalah tujuan akhir keretanya, karena teman berada di stasiun akhir orange, maka sudah pasti hanya ada satu kereta tujuan yang berlawanan. Untuk lebih jelasnya bisa perhatikan gambar dibawah ini, stasiun Transit saya lingkar degan warna hijau

Raffles Place, transit Marina Bay, Bayfront

Saya harap dengan dua contoh soal diatas teman sudah bisa membaca peta MRT dan LRT Singapura, nantinya akan semakin paham jika sudah mengalami satu kali perjalanan, So, jangan pernah takut untuk travelling mandiri ke Singapura,

Jika sobat Zoera merasa hal ini bermanfaat silahkan dishare kepada teman-teman bacpacker lainnya, semoga dapat membantu perjalanan mereka juga, copy paste link dibawah ini:
http://zoera-tourtravel.blogspot.nl/2015/02/panduanbelajar-mudah-dan-cepat-membaca.html

 Indahnya berbagi, Selamat Jalan-Jalan !


Related Post:
- Panduan Naik Bus dari KL ke Singapura
- Tips Gratis Keliling Kuala Lumpur
- Panduan Keliling Paris dengan Metro
- Review Penginapan Hemat di Singapore