Thursday, 5 February 2015

Panduan/tips transportasi hemat ke Volendam


Dermaga Volendam

Berwisata ke Belanda belum lengkap jika belum ke Volendam, sebuah kampung nelayan yang terletak 20 kilometer dari pusat kota amsterdam. Menurut saya daya tarik Volendam bukan lah pada pantai nya, pantai di Volendam biasa saja, masih kalah jauh dengan pantai di Indonesia, yang menarik adalah karena di kampung ini terdapat rumah-rumah tradisional khas belanda yang dipertahankan hingga sekarang, selain itu, hanya di Volendam lah kita bisa berfoto dengan pakaian tradisional belanda.


Volendam juga terkenal dengan sovenir-sovenir khas belanda yang murah-meriah, tulisan diskon bertaburan di deretan pertokoan, seakan-akan berlomba mengambil hati turis yang melewatinya, terutama turis Indonesia. "Kenapa Indonesia?" saya tidak bisa jelaskan kenapa, namun beberapa tulisan di toko-toko seperti: "Sangat Murah", "Murah Aja", "Awas Copet" menunjukkan kalau ternyata yang hobby belanja itu memang orang Indonesia, karena saya tidak menemukan tulisan serupa dalam bahasa cina, jepang atau arab, meskipun  saya tidak bisa membaca tulisan dari ketiga negara tersebut, setidaknya jika ada, pasti terlihat, sayapun sudah coba cari-cari, ternyata memang tidak ada *kepobangetyagw*.



Jika sobat Zoera mendarat di Schiphol Airport dan ingin langsung menuju volendam, maka langkah pertama yang dilakukan adalah pergi ke stasiun Amterdam Centraal terlebih dahulu, untuk panduannya bisa dibaca disini. Setiba di Stasiun Amsterdam Centraal maka berjalanlah ke bagian belakang stasiun, disanalah bus untuk ke Volendam berada, jika bingung boleh bertanya ke petugas berseragam yang standby di sekitar stasiun Amsterdam Centraal, mereka bisa berbahasa inggris. Namun jika sobat Zoera tidak bisa berbahasa inggris boleh juga menggunakan bahasa gambar, gambarlah sebuah bus dan tulislah volendam di tengah nya, saya yakin mereka pasti mengerti, pokoknya alasan bahasa jangan dijadikan penghalang untuk bisa keliling dunia, suai kan?.

Bus 316 tujuan Edam

Nah bila sobat Zoera sudah berada dilokasi yang tepat, silahkan menunggu bus no 316 tujuan langsung Edam-Volendam, harga tiketnya 4 euro oneway, dan bisa dibayar di dalam Bus. Turunlah di halte Julianaweg/Centrum, lalu berjalanlah 450 meter menyusuri  Zeestraat ke ujungnya hingga bertemu dermaga kapal, disanalah kampung nelayan Volendam berada. Supaya lebih jelas Zoera melampirkan petunjuk gambarnya dibawah ini:

Perhatikan jalur biru putus-putus

Untuk balik ke Amsterdam, silahkan mengikuti jalan yang tadi dilewati, kembali ke halte Julianaweg/Centrum, namun menunggu bus nya di seberang halte ketibaan, pastikan tujuan bus nya Amsterdam Centraal. Sekian dari Zoera, Enjoy your Holiday