Sunday, 19 April 2015

Hal Wajib Yang Harus Kamu Lakukan Sebelum Travelling Ke Luar Negeri

Banyak orang memiliki impian travelling keluar negeri namun biasanya hanya menjadi sekedar impian karena tidak tahu hal-hal apa saja yang harus mereka persiapkan untuk keluar negeri, berikut ini zoera akan tuliskan hal-hal apa saja yang haru dipersiapkan sebelum keluar negeri dan bagaimana cara travelling keluar negeri dengan budget murah, yuk disimak


1. Membuat Paspor

Paspor adalah identitas diri kita di luar negeri. Membuat paspor merupakan hal wajib yang harus kita lakukan sebelum berangkat ke luar negeri baik itu ke negara yang bebas visa maupun ke negara yang memerlukan visa. Paspor berlaku selama lima tahun, jadi segeralah mengurus pasport supaya sobat tidak "ngiler" lagi setiap melihat promo tiket super murah.
Paspor RI, sumber: zoera tourtravel


2. Tentukan Tujuan Liburan anda

Setelah paspor ditangan, maka mulailah mensurvey negara-negara yang ingin sobat kunjungi biasanya untuk traveller pemula mereka lebih suka ke negara ASEAN karena selain bebas visa, negara ASEAN seperti Malaysia dan Singapura, merupakan lokasi yang bagus untuk "latihan" traveling mandiri ke luar negeri.

Twin Tower KL, sumber: commons wikimedia


3. Hunting Tiket Pesawat Promo

Setelah kita punya paspor, segeralah hunting tiket pesawat yang saat ini banyak berseliweran di media sosial, cetak dan televisi, jadilah pelanggan tetap web maskapai tersebut sehingga sobat bisa tetap dapat informasi jika ada promo atau special deal dari maskapai tersebut.

Salah Satu Promo Maskapai



4. Rancang Itinerary

Itinerary adalah istilah lain dari rancangan rute perjalanan sobat, lengkapilah itinerary sobat dengan info sedetail mungkin. Itinerary yang baik itu adalah itinerary yang sangat detail infonya seperti cara ke lokasi wisata, transportasi yang digunakan, durasi perjalanan, harga sewa transportasi tersebut. Jika itinerary sobat sudah tersusun dengan baik maka sobat bisa memperkirakan budget yang bakalan habis sobat gunakan selama travelling.

contoh itinerary, sumber: zoera tourtravel


5. Booking Penginapan

Booking penginapan di kota-kota yang akan sobat singgahi, booking bisa via email atau melalui situs pembanding hotel. Booking hotel sangat diperlukan disaat-saat musim liburan, karena takutnya sobat susah menemukan hotel yang masih kosong. pastikan lokasi hotel tidak jauh dari pusat kota agar waktu sobat tidak banyak terpakai untuk bolak-balik penginapan.

salah satu web pencari penginapan, sumber: foto by zoera tourtravel


6. Siapkan Uang Ekstra

Walaupun perjalanan sobat ala backpacker atau budget travelling, tidak ada salah nya sobat menyiapkan uang ekstra untuk biaya-biaya tak terduga yang sobat alami selama travelling. Kartu Kredit juga bisa sobat gunakan untuk pembayaran yang hanya menerima uang elektronik. Namun bijaklah dalam menggunakannya.

sumber: commons wikimedia

Related Post: