Friday, 29 May 2015

Bagaimana Cara Naik Kereta Api di Belanda

Memahami kereta api di Belanda sangat penting untuk memudahkan pergerakan sobat Traveller menuju beberapa kota dan tempat wisata yang wajib dikunjungi. Transportasi antar kota yang cepat di Belanda adalah train. Karena sistem nya hampir sama di negara Eropa lainnya diharapkan artikel ini bisa membantu teman-teman dalam mensukseskan Europe Trip nya. Silahkan simak panduannya berikut ini;


Kereta Api di Belanda, sumber: google image

1. Datanglah ke stasiun kereta api terdekat dari tempat sobat tinggal, lalu pastikan kebenaran stasiun tersebut adalah stasiun kereta api, karena ada beberapa transportasi yang mirip kereta api di Belanda yaitu tram dan metro.

2. Belilah tiketnya di konter penjualan tiket atau di mesin-mesin yang tersedia di setiap sudut stasiun, membeli tiket di konter tiket harganya lebih mahal beberapa sen dibandingkan membeli langsung di mesin-mesin tiket. Sobat bisa menggunakan kartu debit/kredit atau menggunakan uang koin untuk membeli tiket nya. Pilihlah yang tujuannya sesuai dengan kota yang ingin sobat tuju. Tips dari Zoera: Belilah tiket kelas 2 untuk menghemat budget, perihal kenyamanan hanya beda tipis saja antar kelas 2 dan kelas 1.

3. Tap/letakkan lah tiket sobat di mesin scan yang ada di pintu sebelum masuk ke platform stasiun, ini sangat penting karena nanti ada pengecekan di kereta api, apakah tiketnya sudah di check-in kan apa belum, logikanya jika tiket sobat belum di check -in kan, tiket tersebut masih bisa digunakan lagi.

4. Jika sobat sudah berada di stasiun, maka segeralah melihat ke layar besar yang menayangkan rute dan jam keberangkatan kereta, setelah menemukan rute kota yang akan sobat tuju, maka lihatlah platform tempat menunggu keretanya. Lalu carilah dimana platform tersebut berada, jika tidak menemukan, bertanyalah ke orang atau ke petugas yang anda jumpai. Jangan malu bertanya ke masyarakat Belanda, hampir semua masyarakat Belanda bisa Berbahasa Inggris.

5. Jika kereta sudah datang bersiap-siaplah, biarkan penumpang yang baru datang keluar dulu, lalu silahkan masuk dan memilih tempat duduk, jangan lupa perhatikan kelas tempat duduknya, tandanya adalah ada angka 1 atau 2 di pintu masuk gerbong, ini menandakan kelas kereta api yang sobat ambil.

6. Jangan lupa dan selalu awas dengan pengumuman di dalam gerbong, walaupun susah dipahami karena mengunakan Bahasa Belanda, Tips dari Zoera lihatlah nama stasiun yang akan disinggahi kereta, nama stasiun tersebut tertera di layar di dalam gerbong kereta. Berhenti dan turunlah sobat jika sudah tiba di stasiun yang ingin  dituju.

Related Post:

Tips Hemat Travelling Keliling Amsterdam
Tips Gratis Keliling Kuala Lumpur dengan Bus GO KL
Review Penginapan Romantis di Rotterdam
Satu Hari di Singapura Kemana Saja