Friday, 29 May 2015

Holiday in Paris: Musée de l'Armée - Dome Church

Setelah mengunjungi Pont Alexandre III, saya melihat di sebelah kiri jembatan ada gedung yang menarik, gedung tua yang cukup luas dan diatas nya berkilauan sebuah kubah berwarna keemasan. Penasaran dengan gedung tersebut kami mulai berjalan ke arah sana, walaupun perjalanan nya cukup jauh sekitar 800 meter, namun karena gedungnya cukup besar dan luas, lokasinya terlihat sangat dekat.

Musée de l'Armée
Setiba di gerbangnya kami disambut dengan sebuah taman yang bagus dan terawat, khas taman kerajaan, awalnya kami pikir bangunan ini adalah istana kerajaan karena terdapat bendera negara perancis di atap gedung nya, namun ternyata gedung ini adalah museum yang dalam bahasa perancis nya dikenal dengan sebutan Musée de l'Armée.

Taman ala Kerajaan dan Bendera Prancis di atap Museum


Museum ini dibangun tahun 1905, museum ini merupakan gabungan dari museum artileri dan museum sejarah angkatan darat perancis. Dengan luas 12.000 meter persegi museum ini memiliki koleksi mencapai 500.000. koleksi senjata, emblem, seragam dan lukisan yang berhubungan dengan tentara mulai dari zaman kuno hingga zaman akhir perang dunia ke II.

Tidak banyak aktifitas yang kami lakukan disini karena museum ini tutup, bertepatan dengan tanggal 25 Desember 2014 yang merupakan libur Natal. Kami hanya berfoto-foto di taman dan bagian luar nya saja. ada beberapa Bazooka yang dipajang dibagian luar museum, Fania sangat senang bermain disana.
Deretan Bazooka yang dipajang diluar Museum
Dome Church
Berjalan menyusuri Musée de l'Armée hingga kebelakang gedung, kami tiba di lokasi Dome Church, Ternyata kubah emas yang kami lihat tersebut merupakan kubah Dome Church, karena posisinya yang lebih tinggi, kubah emas ini terlihat seakan-akan berada di Musée de l'Armée.

Dome Church merupakan bangunan gereja mewah yang dibangun masa pemerintahan Louis XIV yaitu antara tahun 1679 dan 1706. Bagian altar Gereja ini di desain kembali oleh arsitek Visconti pada tahun 1842 untuk menghormati Makam Napoleon Bonaparte yang merupakan Kaisar kebanggan bangsa Perancis. Gereja ini juga merupakan makam dua orang saudara Bonaparte dan putra Bonaparte yang dipanggil si Elang.

Berfoto di depan Dome Church dengan kubah emas nya

Sama seperti Musée de l'Armée, Dome Church juga tidak buka, kami hanya berfoto-foto aja di bagian luarnya, lalu kami menyempatkan makan siang di taman-tamanya yang menyediakan tempat duduk untuk pengunjung. Ketika kami sedang makan burung-burung merpati berdatangan. Fania senang sekali bermain dengan burung yang jinak ini, ada sekitar setengah jam fania bermain kejar-kejaran dengan merpati-merpati disini. Karena hari sudah hampir gelap, kami memutuskan untuk kembali ke hotel, selesai sudah perjalanan hari ini, padahal kami hanya punya target 2 destinasi saja hari ini, namun ternyata kami bertemu empat destinasi baru yang berdekatan. Alhamdulillah.


Related Post: