Thursday, 1 December 2016

Wisata Belanda; Pengalaman Unik Shalat Di Masjid yang dahulunya Gereja

Jika di Cordoba ada Masjid yang beralih fungsi menjadi Gereja, Sebaliknya di Amsterdam ada Gereja yang berubah fungsi menjadi Masjid, Inilah Masjid Fatih yang berlokasi di Jalan Rozengracht no 150, Amsterdam. Bangunan ini adalah bekas gereja yang sudah berdiri sejak tahun 1929, namun pada tahun 1971 Gereja ini ditutup dan beralih fungsi menjadi carpet & music hall, barulah pada tahun 1981, Islamic Foundation Netherlands membeli bangunan ini dan merubah fungsinya menjadi sebuah masjid.

Eksterior Masjid Fatih, Sumber: Wikipedia
Dari penampakan luar masjid ini masih berbentuk gereja, karena memang tidak mudah mendapatkan izin untuk merubah bangunan tua di kota Amsterdam, selain itu biaya yang relatif mahal juga menjadi salah satu alasan. Penasaran dengan interior nya? yuk kita masuk kedalam; 




Interior masjid ini masih mengadopsi bangunan gereja hanya simbol-simbol agama aja yang dihapus dan ditukar. Shalat di dalam masjid ini sungguh mengesankan; memberikan pengalaman unik menghadap tuhan di bangunan yang dahulunya adalah gereja.

Saya rekomendasikan masjid ini untuk dikunjungi oleh sobat traveller yang berkunjung ke kota Amsterdam, karena lokasinya yang sangat dekat dari stasiun Amsterdam Centraal hanya 14 menit perjalanan menggunakan tram no 13 atau 17.