Objek Wisata Bersejarah "Arc de Triomphe" Simbol Kemenangan Prancis


      Mungkin teman-teman sudah sering mendengar tempat wisata menara eiffel yang ada di Paris, tapi selain menara Eiffel ada juga loh tempat wisata yang sangat menakjubkan dan wajib untuk didatangi karena terkenal sangat bersejarah yaitu monumen Arc de Triomphe yang terletak dibukit Chaillot tepat berada di tengah konfigurasi persimpangan jalan raya berbentuk bintang lima.


      "Arc de Triomphe" ini berarti Busur Kemenangan. Monumen peringatan tersebut sengaja dibangun untuk menghormati jasa para prajurit Napoleon Bonaparte, La Grande Armee, yang menang dalam pertempuran di Austerlitz (2 Desember 1805).

      Dalam Proklamasi Kemenangan yang dibacakan dihadapan prajurit, Napoleon menuliskan "Je vous ramènerai en France, Vous ne rentrerez dans vos foyers que sous des arcs de triomphe". Kutipan tersebut berarti bahwa Napoleon akan membawa kembali prajurit-prajuritnya ke Prancis, sebelum kembali kepada keluarga masing-masing mereka akan melintas dibawah lengkungan (busur) kemenangan. Yang dimaksud yaiutu Gerbang Kemenangan Arc de Triomphe tersebut.

      Arc de Triomphe mulai dibangun 26 Februari 1806. Arsitek pembangunan Arc de Triomphe yaitu Jean Francois Chalgrin, namun sebelum menyelesaikan bangunan tersebut pada tahun 1811 ia meninggal dunia, dan kemudian dilanjutkan oleh Nicolas Huyot. Pembangunan monumen dengan tingginya 50 Meter dan panjangnya 45 Meter ini sempat terhenti ketika kekaisaran Prancis runtuh pada tahun 1814 juga pada tahun 1826.


      Pada tahun 1836 akhirnya Arc de Triomphe diresmikan oleh Raja Louis Philippe, namun Napoleon tidak sempat menyaksikan kemegahan gagasannya karena ia meninggal pada tahun 1821. Tetapi pada tanggal 15 Desember 1840 jenazah Napoleon pernah dibawa melewati Monumen Arc de Triomphe pada saat proses pemindahan makamnya ke Invalides.

      Hingga diresmikannya Arc de Triomphe tercatat menghabiskan dana hingga 9,3 juta Franc, jumlah yang sangat besar pada masa itu. Arc de Triomphe bukan sekedar bangunan sejarah bernilai artistik, bangunan ini memiliki banyak patung yang menggambarkan peristiwa revolusi serta masa kekaisaran. Ada juga api abadi dan museum yang menyimpan berbagai hal terkait sejarah bangunan. Bagian atas bangunan terdapat pemandangan Paris yang mengagumkan. Selain itu, pengunjung juga dapat mengamati simbol patriotik prajurit yang tidak dikenal gugur pada Perang Dunia Pertama.


       Dinding Arc de Triomphe juga dihiasi dengan nama para jendral dari pasukan Napoleon dan berbagai ornamen yang indah. Monumen tersebut menghadapi jalan Champs Elyess, kawasan belanja mewah. Keduanya seolah menjadi pasangan objek wisata yang wajib dikunjungi para turis. Menarik bukaan??

Share this