Wisata Menara Eiffel dan Grande Mosque De Paris


Menara Eiffel
Diberi nama sesuai dengan nama perancangannya yaitu Gustave Eiffel, menara Eiffel adalah bangunan tertinggi di paris dan salah satu struktur terkenal didunia. Struktur  ini memiliki tinggi 325 Meter (1.063 kaki) sejak 2000, sama dengan bangunan konvensional bertingkat 81. Terletak  di pinggir sungai seine, menara ini diresmikan  pada tanggal 31 maret 1889 dan dibuka tanggal 6 mei. Tempat ini merupakan objek wisata yang sangat ramai dikunjungi oleh para wisatawan mendunia.


Ada beberapa peristiwa yang terjadi di menara ini :
1.        tahun 1902, menara ini tersambar petir, puncak setinggi 100 meter harus dibangun kembali dan lampu yang menerangi menara segera diganti.
2.        tanggal 4 februari 1912, penjahit austria franz reichelt tewas setelah melompat 60 meter dari dek pertama menara eiffel dengan parasut buatannya.
3.       tahun 1925, pelukis victor lustig menjual menara ini sebagai besi tua.
4.       tahun 1930, menara ini kehilangan gelarnya sebagai struktur tertinggi didunia ketika chrysler building selesai dibangun di new york city.
5.       Sejak 1925 hingga 1934, papan iklan untuk Citroën memenuhi tiga dari empat sisi menara, menjadikannya papan iklan tertinggi di dunia pada waktu itu.
6.       Sebelum pendudukan Nazi di Paris tahun 1940, kabel lift dipotong oleh orang Prancis sehingga Adolf Hitler harus menaiki tangga ke puncaknya. Bagian-bagian untuk memperbaikinya tidak mungkin didapat karena perang. Tahun 1940 tentara Nazi harus memanjat ke atas untuk mengibarkan swastika, tapi bendera ini terlalu besar sehingga tertiup angin beberapa jam kemudian, dan digantikan oleh yang kecil. Ketika mengunjungi Paris, Hitler memilih berada di bawah. Dikatakan bahwa Hitler menguasai Prancis, bukan Menara Eiffel. Seorang Prancis mengukur menara selama pendudukan Jerman untuk mengibarkan bendera Prancis. Bulan Agustus 1944, ketika Sekutu mendekati Paris, Hitler memerintahkan Jenderal Dietrich von Choltitz, gubernur militer Paris, meruntuhkan menara bersama seluruh kota. Von Choltitz menolak perintah itu. Lift Menara bekerja normal beberapa jam setelah Pembebasan Paris.
7.       Tanggal 3 Januari 1956, kebakaran menghanguskan puncak menara.
8.       Tahun 1957, antena radio ditambahkan di puncaknya.
9.       Tahun 1980-an, sebuah restoran tua dan pondasi besinya dibongkar; dibeli dan dibangun kembali di St. Charles Avenue di New Orleans, Louisiana, oleh pengusaha John Onorio dan Daniel Bonnot, bernama Tour Eiffel Restaurant, lebih dikenal dengan Red Room. Restoran ini dibuat kembali dari 11.000 bagian yang melintasi Atlantik dalam kontainer kargo 40 kaki (12 m).

Pasti ada yang belum tau nih di dalam menara ini ada apa aja sih ? yang pertama , kaca transparan di lantai pertama menara Eiffel, kita akan diberikan sensasi mendebarkan dengan berdiri dan berjalan di lantai kaca menara Eiffel, seakan akan kita  merasa akan jatuh. Namun ketika rasa takut telah terkendali, kita bisa melihat keindahan kota Paris dari ketinggian 57 meter dengan jelas. Di lantai pertama juga ada restoran yaitu Restoran Le Tour 58 Eiffel. Di restoran ini tidak hanya menikmati makanan saja tetapi di suguhi dengan indahnya pemandangan kota paris.

Dengan ketinggiannya yang berada di lantai dua dari menara Eiffel, kita akan lebih puas memandangi kota Paris yang begitu indah, apalagi  pada malam hari.




Selain itu terdapat apartemen tersembunyi di puncak menara Eiffel. Dan  ternyata di dalam menara Eiffel ada apartemen yang dulunya ditinggali oleh Gustave Eiffel. Apartemen ini berisikan perabot lengkap dari abad 19 khas Perancis. Meskipun banyak orang yang penasaran, namun tempat ini tidak tersedia untuk umum.



Grande Mosque De Paris (Masjid Raya Paris)
Grande mosque de paris adalah sebuah mesjid yang terletak di arondisemen Ve. Masjid ini didirikan setelah perang dunia I sebagai tanda terima kasih Prancis kepada tirailleurs Muslim dari koloni yang turut berperang melawan pasukan jerman. Masjid ini dibangun mengikuti gaya mudejar. Menaranya memiliki tinggi 33 meter. Masjid ini diresmikan oleh presiden gaston doumergeu pada tanggal 15 juli 1926. Ahmad al-alawi (1869-1934), seorang sufi aljazair, pendiri salah satu ajaran sufi modern darqawiyya alawiyya, cabang dari shadhiliyya, menjadi imam salat pertama di dalam peresmian masjid di hadapan presiden prancis ppada masa itu. Masjid raya paris saat ini dipimpin oleh mufti dalil boubakeur, yang juga menjabat sebagai presiden dewan muslim prancis yang dibentuk tahun 2002.

Masjid ini adalah masjjid pertama di Paris bahkan di eropa barat. Luas masjid ini mencapai satu hektar yang terdiri dari bangunan utama masjid, ruang pertemuan, kafe, restoran, taman, dan toko-toko makanan yang halal. Masjid agung paris bukan hanya sebagai tempat ibadah saja, tapi juga sebagai pusat kajian islam terbesar di Prancis. Masjid ini banyak koleksi buku yang dipajang di lemari-lemari ruang utama untuk shalat, selain itu masjid ini juga memiliki madrasah yang mengajarkan ajaran agama islam.


Wah hebat bukaan, selain bisa liburan kita juga bisa beribadah dengan nyaman disini, pasti penasaran dong gimana sih rasanya liburan ke Paris ???

Share this