Wisata Zaanse Schans Di Negeri Kincir Angin

      Zaanse Schans, tempat ini terkenal adanya kincir angin dan bangunan rumah bersejarahnya yang terpelihara dengan baik. Pada tahun 1961-1974 bangunan-bangunan tua dari seluruh Zaantreek dipindahkan menggunakan trailer lowboy ke daerah tersebut. Adapula Museum Zaans didirikan pada tahun 1994 didekat  kincir angin.



      Nama Zaanse Schans yaitu sungai Zaan dan fungsinya sebagai tempat lilin(Schans, dalam bahasa Belanda) melawan pasukan Spanyol selama perang delapan puluh tahun Kemerdekaan Belanda. Zaanse Schans adalah sebuah desa tradisonal tempat para pekerja dimasa lalu pada abad ke-19, daerah yang unik dan juga menarik menjadi salah satu tempat wisata yang paling populer di Belandda di Utara Zaandam. Jika kita ingin berwisata ke desa ini kita dapat melihat indahnya pemandangan kincir angin tua disekitar Sungai Zaan yang masih berfungsi hingga sekarang, toko-toko, Museum Zaans dan bangunan rumah tradisional Belanda yang sebagian besar dinding rumah kayunya berwana hijau yang dahulunya merupakan ciri khas rumah warga di wilayah Zaandstand.


       Zaanse Schans memiliki beberapa Museum dan Pabrik yang dapat dikunjungi yaitu :

1. Abert Heijin
    Albert Heijin adalah bangunan supermarket pertama kali didirikan di Zaanse Schans, supermarket ternama di Amsterdam yang cabangnya tersebar hampir diseluruh Negeri Belanda. Bangunan ini sekarang dijadikan Museum.

2. Bakery Museum

       Tempat dimana bisa bersantai sambil menikmati aneka cemilan khas Belanda seperti almond cookies, stroopwafel, ginger bread, poffertjes, dan masih banyak lagi. Selain menikmati hidangan yang ada di museum ini, disini kita dapat menyaksikan secara langsung bagaiman cara membuat tepung dan berbagai kue dengan peralatan yang digunakan pada zaman dahulunya.



3. The Wooden Shoe Workshop The Zaanse Schans
        The Wooden Sjoe Workshop adalah pabrik pembuatan sepatu kayu bakiak atau klompen yang ada di Zaanse Schans. Klompen yang dibuat bentuknya lucu dan unik dengan berbagai motif yang menarik, disini kita bisa melihat secara langsung bagaimana cara membuat klompen serta mengenal sejarahnya.




proses pembuatan klompen

4. Pabrik Keju De Catherine Hoeve Cheese Farm
       Disini kita bisa melihat proses pengolahan keju secara tradisional dan dapat mencicipi aneka keju seperti keju biasa, keju asap dengan ramuan herbal, keju dengan minyak zaitun, keju dari susu kambing hingga keju berwarna hijau. De catherine hoeve juga menjual keju bermacam rasa dan ukuran. 


Nah itulah beberapa tempat wisata yang bersejarah yang berada di Zaans Schans belanda , masih banyak lagi tempat-tempat yang lebih menarik dan indah di negeri kincir angin ini lohhh ..


Share this