Kota Alun-alun Grand Place Brussels, Belgia



Grand Place


            Grand place adalah alun-alun pusat kota brusels yang di kelilingi oleh guildhalls mewah dan dua bangunan lebih besar, balai kota dan King's House atau Breadhouse (Perancis: Maison du Roi , Belanda: Broodhuis ) yang berisi bangunan Museum Kota Brussels, Kuadrat berukuran 68 kali 110 meter (223 kali 361 kaki).


Grand Place adalah tujuan wisata paling penting dan kota paling berkesan di Brussels. Grand Place ini adalah salah satu kota paling indah di Eropa, dan telah menjadi Situs Warisan Dunia UNESCO sejak tahun 1998.

The Grand Place dinamai oleh UNESCO sebagai Situs Warisan Dunia pada tahun 1998. Tempat ini sekarang terutama menjadi objek wisata yang penting. Sejumlah rumah guild telah dikonversi menjadi toko-toko, restoran bertingkat dan brasseries . Lembaga terkenal termasuk Godiva Chocolatier dan permen speculoos Maison Dandoy. Salah satu rumah yang dimiliki oleh serikat pembuat bir adalah rumah bagi museum pembuat bir.

Bangunan yang berada disekitar Grand Place yaitu :

1.      Balai Kota

Balai Kota (Prancis: Hôtel de Ville , Belanda: Stadhuis ) adalah bangunan pusat di Grand Place. Itu dibangun dalam beberapa tahap antara 1402 dan 1455 dan juga satu-satunya bangunan abad pertengahan yang tersisa. Arsitek dan desainer mungkin adalah Jean Bornoy dengan siapa Jacob van Thienen berkolaborasi. Duke Charles Bold muda meletakkan batu pertama di sayap kanan pada tahun 1444. Arsitek bagian bangunan ini tidak diketahui. Sejarawan berpikir bahwa itu mungkin William (Willem) de Voghel yang merupakan arsitek kota Brussels pada tahun 1452, dan yang juga, pada saat itu, adalah perancang Aula Magna dari istana Philip the Good . Menara Gothic 96 m (315 kaki) adalah karya arsitek Jean van Ruysbroeck. Di puncaknya berdiri sebuah patung Santo Michael setinggi 5 m (16 kaki), santo pelindung Brussels, membunuh iblis.

Balai Kota asimetris, karena menara tidak persis di tengah-tengah bangunan dan bagian kiri dan kanan tidak identik (meskipun mereka tampak pada pandangan pertama). Legenda tua yang diketahui masyarakat Brussels menceritakan bahwa arsitek yang merancang bangunan itu melakukan bunuh diri dengan melompat dari atas menara tempat lonceng bergantung setelah menyadari "kesalahannya". Padahal, kedua bagian itu tidak dibangun bersama.

 
2.      King's House

Brussels City Museum terletak di Maison du Roi (Rumah Raja) atau Broodhuis (Breadhouse). Pada awal abad ke-12, Rumah Raja (Prancis: Maison du Roi ) adalah sebuah bangunan kayu tempat roti dijual, oleh karena itu nama itu disimpan dalam bahasa Belanda; Broodhuis ( Rumah Roti atau Balai Roti ). Bangunan aslinya digantikan pada abad ke-15 oleh sebuah bangunan batu yang menampung layanan administrasi Duke of Brabant , yang mengapa itu pertama kali disebut Duke's House , dan ketika adipati yang sama menjadi Raja Spanyol , namanya diganti menjadi King's. Rumah Pada abad ke-16, Kaisar Romawi Suci Charles V memerintahkan untuk membangunnya kembali dengan gaya Gotik akhir yang sangat mirip dengan desain kontemporer, meskipun tanpa menara atau galeri.

Karena kerusakan yang diderita dari waktu ke waktu, terutama selama pemboman 1695, kota itu memiliki Rumah Raja dibangun kembali pada tahun 1873 oleh arsitek Victor Jamaer dalam gaya Kebangkitan Gotik . Bangunan saat ini, yang interiornya direnovasi pada tahun 1985, telah menampung Museum Kota Brussels sejak 1887. 

3.      House of the Grand Place

Grand Place berjejer di setiap sisi dengan sejumlah rumah guild dan beberapa rumah pribadi. Dalam bentuk mereka saat ini, mereka sebagian besar merupakan hasil dari rekonstruksi setelah pemboman 1695. Fasad-fasad yang sangat terstruktur dengan dekorasi pahatan mereka yang kaya termasuk pilaster dan langkan dan gables yang dirancang dengan mewah didasarkan pada Baroque Italia dengan beberapa pengaruh Flemish. 

Daya tarik yang paling menarik dari Grand Place adalah setiap 2 tahun sekali di bulan Agustus wisatawan dapat melihat keindahan karpet bunga besar yang di pasang di alun-alun. Flower Carpet yang digelar di area alun-alun ini memiliki luas 1.800 km persegi.
kebayangkan gimana besarnya ...?

           Kalau kamu mencari kota paling terkenal di Belgia favorit wisatawan tentu saja Brussel. Terdapat beberapa tempat liburan menyenangkan di kota ini, mulai dari wisata keluarga, sejarah (bangunan tua), taman indah (ramai), tempat unik dan tempat belanja murah tentunya. Jika kamu mempunyai planning berlibur ke Eropa, Belgia bisa menjadi tujuan alternatif Anda selain di Francis dan Inggris. 



 Wah Gimana Gays??
apa kalian ada rencana mau liburan keliling Eropa tapi belum tau Mau kemana???
yuk tanya Pada Kami Aja Paket Tour Jelajahi Eropa

Hub kami:
Admin : +31619776159
              +6281261762093
              +6281270598537

Share this