Masjid Cologne Central Mosque



Koln di Jerman dikenal sebagai kota dengan tingkat toleransi beragama yang tinggi. Dikota ini kita bisa menemukan banyak masjid dan komunitas muslim yang hidup damai berdampingan dengan agama lain. Muslim asal turki menjadi penduduk yang paling banyak tinggal dikota ini.

Salah satu masjid terbesar di jerman yaitu Cologne Central Mosque. masjid ini dibangun pada tahun 2009, arsiteknya Paul Bohm , seorang arsitek yang merancang bangunan gereja. Paul Bohm merancang masjid ini dengan gaya modern, dinding-dindingnya dominan menggunakan kaca transparan yang bisa membuat sinar matahari masuk kedalam ruangan masjid. terdiri dari dua buah menara dan satu kubah besar, luas masjid ini kurang lebih sekitar 4.500 meter dan bisa menampung hingga 4000 jemaah. Adapun di dinding-dindingnya tertulis-nama 25 nabi dan rasul. Ukiran kaligrafi indah dengan warna emas pun turut menghiasi masjid ini.


Meskipun saat perencanaannya banyak yang menolak, saat ini Cologne Central Mosque menjadi salah satu ikon wisata andalan Köln setelah Gereja Katedral Köln yang memang sudah terkenal itu.

Masjid ini tidak hanya diperuntukkan bagi umat muslim saja, melainkan untuk seluruh umat beragama. Masjid ini tidak hanya memiliki satu ruangan untuk beribadah. Di dalamnya ada perpustakaan, ruang rapat dan pertemuan, kantor sekretariat, dapur, aula, ruang untuk anak-anak belajar membaca Alquran. 


Di bulan ramadan ini, Cologne Central Mosque juga menyediakan makanan setiap harinya untuk berbuka puasa. Siapa saja boleh datang dan berbuka bersama, tak terkecuali warga non muslim. Menu makanannya tentu adalah makanan Turki karena yang memasak dan mengelola adalah orang-orang Turki. Tapi tak ada salahnya kamu mencoba makanan Turki gratis di masjid ini. Wisata religi sekaligus wisata kuliner.

Terbukti sejak resmi dibuka, banyak wisatawan yang datang berkunjung sekedar ingin melihat arsitektur uniknya. Bagi yang non muslim, jangan lupa menyesuaikan penampilan saat datang kesini dan juga wajib membuka sepatu.

Share this