Menikmati Belgian Waffle yang mendunia

Belgian Waffle


Di Amerika Utara, wafel Belgia adalah variasi wafel dengan adonan yang lebih ringan, kotak yang lebih besar, dan kantong yang lebih dalam dari wafel Amerika biasa. Wafel Belgia awalnya beragi dengan ragi , tetapi sekarang yang sering digunakan adalah baking powder. Mereka sering dimakan sebagai makanan sarapan. Topping bervariasi dari whipped cream, gula-gula, buah lembut, dan cokelat , hingga sirup dan mentega atau margarin . Mereka juga dapat disajikan dengan es krim vanilla dan buah segar (seperti stroberi) sebagai hidangan penutup . Di Belgia sendiri, ada beberapa jenis wafel, termasuk wafel Brussels dan wafel Liège .

Sejarah Wafel Belgia

Awalnya dipamerkan pada tahun 1958 di Expo 58 di Brussels , wafel Belgia diperkenalkan ke Amerika Utara oleh seseorang di Belgia bernama Walter Cleyman pada Pameran Century 21 di Seattle pada tahun 1962, dan disajikan dengan krim kocok dan stroberi. Wafel ini kemudian dipopulerkan di Amerika Serikat selama Pameran Dunia New York 1964 di Flushing Meadows Park di Queens , New York City . Wafel ini diperkenalkan oleh Maurice Vermersch dari Brussels , Belgia.  Sebagian besar didasarkan pada resep sederhana untuk wafel Brussels, Vermersch memutuskan untuk mengubah nama menjadi Bel-Gem Waffle setelah mengamati bahwa banyak orang Amerika tidak dapat mengidentifikasi Brussels sebagai ibukota Belgia. Wafel ini disajikan dengan whipped cream dan stroberi, dan dijual seharga satu dolar.
Waffle merupakan salah satu makanan yang biasa disantap untuk sarapan sebagian masyarakat Amerika dan Eropa. Untuk membuatnya tidak sulit, kamu hanya membutuhkan tepung terigu, baking powder, telur, dan susu. Waffle disajikan dengan aneka macam topping, mulai dari cokelat, kacang, madu, es krim, dan yang saat ini menjadi hits adalah topping gurih seperti ayam, mayonnaise, telur, dan lain-lain. Dan ternyata setiap negara mempunyai perbedaan pada bentuk dan rasa waffle. Untuk mengenal jenis wafel yang lainnya, berikut ada beberapa aneka wafel paling populer yang ada di seluruh dunia, yaitu :

1. Belgian Waffles
Belgian waffles berbentuk persegi panjang dengan tekstur yang lebih ringan dan garing. Belgian waffles ini hanya ditaburi gula halus saja dan tanpa topping apapun, namun sekarang penggunaan whipped cream, es krim, dan buah-buahan sudah menjadi hits.


2. American Waffles



Berbeda dengan Belgian waffles, American waffles memiliki bentuk yang lebih tipis namun bertekstur padat. Meski padat, American waffles sangat mudah untuk dipotong seperti pancake. Penambahan toppingnya tidak berbeda jauh dengan Belgian waffles, yakni dengan aneka krim, sirup, madu, serta es krim.


3. Scandinavian Waffles
Waffle ini memiliki bentuk yang sangat cantik, yakni berbentuk hati. Ciri khas Scandinavian waffles memang dicetak tipis dalam bentuk hati. Tampilan Scandinavian waffle biasanya dipercantik dengan penambahan topping gula atau selai serta aneka buah-buahan yang tak boleh ketinggalan.


4. Stroopwafels
Waffle asal Belanda ini berbentuk tipis dan bertekstur garing. Adonannya terbuat dari tepung, mentega, gula merah, ragi, susu, dan telur. Jika biasanya waffle lain diberi topping, Saat masih dipanggang, stroopwafels dibelah menjadi dua lalu diisi dengan stroopwafels diberi isian gula merah, sirup, mentega, dan kayu manis lalu direkatkan lagi menjadi satu.


5. Gai Daan Tsai
Gai Daan Tsai alias Hongkong waffles, waffle ini memiliki bentuk yang sangat unik. Jika umumnya waffle punya permukaan motif kotak-kotak, Hongkong waffles ini memiliki bentuk cetakan bulat menonjol seperti telur sehingga dengan sering juga dinamakan egg waffle.


6. Banh Kep La Dua

Waffle asal Vietnam ini bentuknya memang mirip dengan Scandinavian waffles, namun warna hijaunya yang menonjol membuatnya tampak berbeda dari kebanyakan waffle. Warna hijau diperoleh dari daun pandan sehingga aromanya lebih wangi. Banh Kep La Dua ini tidak menggunakan susu, tapi menggunakan santan sehingga rasanya sangat gurih. Waffle yang satu ini sangat populer di kuliner kaki lima Vietnam.

Meski tampilannya mirip, ternyata waffle Belgia dan waffle biasa berbeda. Waffle Belgia punya tekstur renyah dan ringan. . Kini waffle turut menjadi salah satu makanan yang terkenal di dunia. Termasuk waffle Belgia yang ternyata berbeda dengan waffle biasa.
Apa sih beda wafel belgia dengan wafel yang lainnya ? nah disini kami rangkum beberapa perbedaannya, diantaranya :

1. Berasal dari Brussel
Waffle Belgia pertama kali muncul di Brussels World Fair Expo di tahun 1958, dan belum dikenalkan ke utara Amerika hingga tahun 1962.
Di Belgia sendiri, terdapat dua jenis waffle yang berbeda. Waffle Belgian waffle, dan waffle Liege. Berbeda dengan Belgia, waffle Liege ditaburi dengan gula bubuk, hingga meresap ke permukaan waffle sehingga rasanya lebih manis.

2. Bahan
Jika waffle biasa menggunakan tepung terigu, telur, dan lelehan butter. Berbeda dengan waffle Belgia menggunakan, yeast butter atau butter yang terbuat dari campuran ragi dan mentega.
Yeast butter berguna untuk membuat tekstur waffle lebih ringan, dan ekstra lembut. Beberapa orang Belgia, bahkan lebih dulu mengeluarkan butter semalaman penuh, untuk hasil waffle yang sempurna.

3. Ukuran
Untuk ukuran, waffle Belgia jauh lebih besar dari waffle pada umumnya. Tidak hanya ukurannya saja, tapi ketebalan waffle juga berbeda.
Waffle Belgia menggunakan panggangan dari besi khusus yang lebih lebar dari ukuran cetakan waffle umumnya. Permukaan cetakan waffle lebih cekung ke dalam, yang berguna sebagai tempat untuk menyimpan sirup dan topping lainnya.

4. Lebih renyah
Karena menggunakan yeast, Belgian waffle jauh lebih renyah kering dari waffle biasa. Meski renyah di luar, tapi bagian dalam waffle tetap sangat lembut. Rasa waffle juga tidak terlalu berat karena adonannya tipis ringan. Karena yeast dicampurkan dengan putih telur, agar teksturnya lebih ringan.

5. Jajanan kaki lima
Jika di Amerika dan negara lainnya, waffle umumnya disajikan sebagai menu restoran. Berbeda dengan waffle Belgia. Di negara asalnya, waffle ini merupakan jajanan kaki lima yang dapat ditemui di setiap sudut jalan. Waffle ini umumnya dijual dengan tambahan topping whipped cream, selai ceokelat, potongan strawberry, hingga pisang. Topping bubuk gula juga tidak kalah populer dengan topping lainnya.


Belum lengkap rasanya liburan ke Belgia tapi belum menyantap nikmatnya Belgian Waffle secara  langsung dari Belgia
.
.
Mau jalan-jalan ke Eropa tapi gatau mau kemana ?
yuk tanya Pada kami aja Paket Tour Jelajahi Eropa

Hub kami:
Admin :
+31619776159
+6281261762093
+6281270598537

Share this